Umbul Manten: Wisata Legenda di Daerah Klaten

Apakah Kamu tahu kalau di daerah Kabupaten Klaten banyak sekali destinasi wisata air? Bahkan bisa ditemukan dengan mudah dan menarik untuk dikunjungi ketika berada disana, terlebih jika berkunjung ke Kota Klaten. Salah satunya yakni Umbul Manten yang menawarkan pemandangan bernuansa alami.

Rute Menuju Lokasi Wisata

Rute-Menuju-Lokasi-Wisata-Umbul-Manten

Kamu mau berlibur ke objek Umbul Manten tapi belum tahu dimana lokasinya? Tidak perlu khawatir, karena akses jalan menuju wisata ini cukup baik, mudah dan disediakan pula papan petunjuk arah.

Lokasi wisata ini berada kurang lebih 4 kilometer dari jalan utama jurusan Yogyakarta-Kota Solo. Jika dari Solo bisa mengendarai motor, namun jika kamu bersama rombongan maka bisa menyewa mobil atau bawa mobil sendiri maka akan lebih enak. Sedangkan kalau dari kabupaten Klaten, berjarak kurang lebih 13 km atau sekitar 20 menit ditempuh dengan motor.

Kalau ingin menuju lokasi wisata Umbul Manten dari pusat kabupaten Klaten, Kamu harus ambil arah Jatinom. Selanjutnya pilih jalan ke Janti, nah dari situ tinggal ikuti papan petunjuk yang terpasang di beberapa tempat.

Jika Kamu berasal dari luar kota menggunakan transportasi pesawat terbang, untuk menuju ke tempat wisata perlu waktu sekitar 39 km atau 1 jam dari Bandara Internasional Adi Sucipto. Selanjutnya ambil jalan Raya Solo, telusuri saja ke arah Janti-Tegalgondo hingga menemukan papan arah.

Legenda Asal Nama Umbul Manten

Bagi Kamu yang sering jalan-jalan di Klaten, tentunya tidak asing lagi dengan objek wisata Umbul Manten. Destinasi satu ini cukup terkenal dengan cerita legendanya yang misterius, sehingga menarik rasa penasaran para wisatawan.

Objek wisata yang terletak di Dusun Janti, Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten ini menjadi salah satu andalan dan banyak dikunjungi wisatawan, baik dari lokal maupun luar kota karena panorama alam yang sangat indah. Penasaran kenapa tempat tersebut dijuluki Umbul Manten?

  • Arti Kata Umbul Manten

Ternyata, penamaan tempat ini diambil dari cerita legenda masyarakat sekitar dan memiliki makna tersendiri. Disusun dari kata Umbul, yang diartikan sebagai mata air, sedangkan Manten sama dengan pengantin.

Legenda yang beredar sejak zaman nenek moyang dan secara turun-temurun dipercayai oleh masyarakat setempat, menceritakan konon dahulu terdapat sepasang calon pengantin yang hilang di lokasi ini.

  • Tradisi Masyarakat

Dalam kepercayaan dan tradisi masyarakat Jawa, biasanya calon pengantin yang hendak melangsungkan pernikahan harus dipingit atau tidak diperbolehkan keluar rumah sampai waktu dilangsungkannya acara.

Namun berdasarkan cerita, sepasang calon pengantin tersebut tak mengindahkan larangan dari orang tua dan tetap nekat keluar, sampai akhirnya mereka berdua hilang secara misterius hingga sekarang tidak ditemukan.

Konon ceritanya, kedua calon pengantin tersebut terpisah di tempat yang berbeda. Kalau perempuan hilang di Umbul Manten, sedangkan yang pria berlokasi disebelah baratnya yakni pemandian Pelem tepatnya beralamatkan di Desa Wunut, Kecamatan Tulung, Klaten.

Ragam Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Kamu lagi bingung cari tempat untuk berlibur, berkunjung aja ke wisata Umbul Manten. Di sini beragam aktivitas menyenangkan bisa dilakukan agar pikiran menjadi fresh. Mulai dari bersantai di bawah pohon Ipik, berenang, menyelam, hingga berfoto underwater.

  • Kolam Renang

Objek wisata ini juga bisa menjadi salah satu pilihan destinasi liburan bersama keluarga terutama bagi Kamu yang punya anak kecil. Karena di lokasi tersebut memiliki 4 kolam dengan kedalaman dangkal 1 hingga 1,5 meter jadi aman untuk berenang.

  • Ayunan

Jika tak minat buat berenang, tenang saja, Kamu bisa menghabiskan waktu bersantai dengan berayun di atas hammock yang terikat di batang pepohanan sambil menikmati pemandangan persawahan yang indah dan asri. Ditambah semilirnya angin membuat suasana terasa semakin sejuk.

  • Berendam

Selain hal di atas, para wisatawan juga dapat merasakan kesejukan air dari sumber alami dengan bermain di aliran sungai. Tidak perlu khawatir, karena lokasi ini dangkal jadi aman. Selain itu, Kamu juga dapat menikmati kesegeran dengan berendam.

  • Foto di Bawah Air

Salah satu aktivitas favorit lain yang banyak dilakukan para wisatawan yakni berfoto underwater, karena kolam di lokasi ini memang sangat jernih. Dengan memanfaatkan hal tersebut, membuat Kamu dapat berkreasi dengan berbagai ornamen di bawah air lho.

Keunikan Wisata Umbul Manten

Wisata Umbul Manten banyak dinikmati wisatawan karena keunikannya. Dimana kolam pemandian ini selain memiliki cerita legenda yang menarik, di sisi lain juga menyuguhkan pemandangan bernuansa alami.

Air pemandaian dari kolam ini sangat segar, bersih, jernih sebening kaca dan tidak bau, karena berasal dari sumber asli yang terus mengalir secara alami serta terbebas dari kaporit. Jadi Kamu tak perlu khawatir kalau berenang dengan durasi waktu lama, sudah pasti aman untuk kesehatan.

Bukan hanya airnya yang menjadi daya tarik, suasana di wahana ini juga sangat sejuk meskipun Kamu berkunjung di siang hari, karena lokasinya dikelilingi pepohonan yang besar dan menjulang tinggi.

Suasana di Umbul Manten

Suasana di wisata ini memang terkesan sangat alami, jadi layak jikalau banyak wisatawan mancanegara menjulukinya sebagai organic pool. Bukan hanya itu, banyak juga spot foto yang instagramable. Yakin Kamu Kamu nggak pingin berkunjung ke sini?

Tak cukup dari segi pemandangannya saja, Kamu juga bisa menyaksikan tradisi adat Padusan yang biasa dilakukan. Dimana para warga mandi di kolam dengan maksud mensucikan diri. Prosesi tersebut dilaksakan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Selain itu, Kamu juga dapat melakukan wisata kuliner. Ini karena, di sekitar lokasi wisata banyak terdapat warung makanan yang menjajakan dagangan cemilan khas Klaten dengan harga cukup terjangkau.

Fasilitas Umbul Manten

Berbicara soal fasilitas, lokasi wisata yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) sejak tahun 2016 ini terbilang cukup lengkap. Meskipun belum maksimal dan perlu adanya penambahan, agar para pengunjung lebih nyaman menghabiskan waktu di sini.

Fasilitas yang bisa Kamu nikmati ketika berkunjung ke sini di antaranya seperti musholla, kamar ganti, toilet, lahan parkir cukup luas. Serta tak ketinggalan, banyak warung dengan berbagai macam dagangan mulai cemilan hingga makanan khas Klaten seperti nasi pecel, cenil, opor bebek dan lainnya.

Di lokasi ini juga memiliki satu kolam ikan, yang dimanfaatkan para wisatawan untuk melakukan terapi dengan cara memasukkan kaki ke dalam air. Asyik dan menarik bukan?

Harga Tiket dan Jam Operasional

Bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke objek wisata Umbul Manten ini, cukup merogoh kocek sebesar Rp.6.000 rupiah saja per orangnya, sangat terjangkau kan. Lokasi ini buka setiap hari dari pagi pukul 06.00 hingga 18.00 sore. Jadi tunggu apalagi?

Namun Kamu perlu tahu, untuk memasuki objek wisata ini para wisatawan dilarang membawa bekal makanan dan minuman. Peraturan tersebut dibuat dengan tujuan agar kejernihan air dan kebersihan lokasi tetap terjaga.

Demikian informasi seputar objek wisata Umbul Manten, salah satu destinasi yang bisa dikunjungi ketika berjalan-jalan di daerah Klaten. Di sini, Kamu bisa berlibur dengan melakukan berbagai aktivitas menyenangkan tanpa perlu merogoh kocek mahal. Jadi tunggu apalagi?